Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Agar Bebas Dari Resiko Kangker Payudarah


Ada beberapa minuman dan makanan yang diduga kuat jadi pemicu mengembangnya sel kanker di payudara. Rata-rata ialah sumber pangan yang termasuk kurang sehat, seperti daging merah berlemak sampai alkohol. 

Kesempatan Anda untuk terserang kanker dari konsumsi beberapa makanan ini serta bisa bertambah, jika Anda sudah termasuk beresiko tinggi. 

Berikut penjelasannya lebih detilnya: 

1. Daging merah 

Daging merah memiliki kandungan lemak jemu serta cholesterol yang tambah tinggi dibandingkan dengan daging putih seperti unggas atau ikan. 

Bila Anda kebanyakan makan daging merah dalam periode panjang, lemak badan serta kandungan cholesterol darah terus bertambah. Ini bisa tingkatkan efek Anda alami obesitas, sebagai salah satunya unsur penyebab terbentuknya sel kanker pada tubuh. 

Wanita yang mempunyai lemak berlebihan dalam tubuhnya condong menghasilkan makin banyak jumlahnya estrogen dari seharusnya. Kelebihan estrogen pada tubuh ialah unsur penyebab perkembangan sel kanker payudara. 

2. Gula 

Gula bukan makanan yang menjadi pemicu langsung kanker payudara. Tetapi, umumnya makan gula dapat tingkatkan efek Anda terserang kanker payudara dengan tingkatkan berat tubuh berlebihan. 

Satu riset di BMJ mengatakan, makanan manis yang memiliki kandungan gula tinggi mengubah kerja insulin badan hingga punya potensi mengakibatkan resistensi insulin. 

Resistensi insulin membuat badan tidak dapat memberi respon insulin. Mengakibatkan, makin banyak glukosa yang mengalir bebas dalam pembuluh darah. Ini selanjutnya mengakibatkan badan menghasilkan makin banyak hormon estrogen serta androgen. Saat produksi ke-2 hormon ini tidak teratasi, efek kanker payudara bisa bertambah. 

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas mengonsumsi gula per harinya seputar 50 gr atau sama dengan 5-9 sendok teh. Butuh diingat jika gula tidak cuma bermakna gula pasir saja. Gula berada di sebagian besar produk minuman dan makanan paket. Ubahlah rutinitas minuman paket dengan air putih yang tambah lebih sehat. 

2. Makanan yang dibakar 

Mengonsumsi makanan yang dibakar terhitung salah satunya pemicu mengembangnya sel kanker di payudara. 

Memanggang atau membakar daging di atas api tinggi dalam tempo lama menyebabkan terbentuknya senyawa disebutkan heterocyclic amine (HCA) serta policyclic aromatic hydrocarbon (PAH). Ke-2 senyawa ini termasuk jadi zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker. 

HCAs tercipta dari asam amino, glukosa, serta kreatin di otot sapi, ayam, atau kambing yang bereaksi pada panas bara api. Sesaat PAH tercipta saat lemak serta cairan dalam daging keluar serta menetes ke api pembakaran, mengakibatkan munculnya kobaran api serta asap. Asap yang memiliki kandungan PAH ini selanjutnya melekat pada daging. PAHs dapat juga diketemukan pada makanan hangus, pada asap rokok, serta asap knalpot mobil. 

Tetapi demikian, ke-2 senyawa ini tidak bisa langsung mengakibatkan kanker. Ke-2 senyawa ini baru menyebabkan kanker jika telah mengakibatkan kehancuran pada DNA (mutagenik). Untuk dapat mengakibatkan kerusakan DNA, HCA serta PAH harus terlebih dulu diaktivasi oleh enzim tersendiri pada tubuh. 

Supaya daging yang dikonsumsi masih sehat, Anda dapat memasak dengan merebus atau mengukusnya. 

3. Makanan kalengan 

Makanan kaleng dipercaya kuat bisa jadi unsur pemicu mengembangnya kanker payudara. Ini sebab bagian sisi dalam kaleng biasanya dilapis oleh bisphenol-A (BPA). BPA adalah bahan kimia yang sudah dapat dibuktikan mengakibatkan kerusakan dapat DNA di pada tubuh, serta tingkatkan efek Anda terserang kanker payudara. 

Diluar itu, makanan kalengan condong diproses dengan beberapa penambahan gula, garam, serta pengawet. Beberapa bahan penambahan ini tentunya tidak sehat buat badan bila dikonsumsi kebanyakan 

Bila Anda belanja makanan kaleng, yakinkan kalengnya dikasih cap dengan jelas “Bebas BPA”. Semestinya batasi mengonsumsi makanan kaleng Anda, minimum cuma satu kaleng untuk 1 minggu. 

Lebih baik memperbanyak konsumsi makanan fresh yang dibuat langsung. Pilih sayur, buah, serta ikan fresh yang berada di pasar untuk Anda olah sendiri di dalam rumah. 

4. Makanan yang memiliki kandungan lemak trans serta jemu 

Badan memerlukan konsumsi lemak jadi sumber daya yang diperlukan seharian. Tetapi, type lemak yang diperlukan untuk ini ialah yang sehat, seperti lemak tidak jemu tunggal serta lemak tidak jemu ganda. 

Sebaliknya, lemak trans serta lemak jemu butuh dijauhi atau dibatasi sebab kurang baik buat badan. Kebanyakan konsumsi makanan yang memiliki kandungan dua lemak jahat ini bisa saja pemicu kanker payudara. 

Lemak trans umumnya terdapat banyak makanan olahan serta paket seperti biskuit serta makanan ringan paket yang lain. Sesaat lemak jemu ada pada santan, mentega, serta produk susu. 

5. Alkohol 

Minuman mengandung alkohol serta bir sudah lama diputuskan jadi minuman yang bisa tingkatkan efek kanker mulut, kolorektal, serta kanker payudara. 

Untuk Anda yang menyukai minum alkohol, semestinya batasi bagian konsumsinya cuma 1-2 gelas saja per minggu. Tetapi, akan tambah lebih baik bila Anda hentikan rutinitas ini benar-benar untuk kesehatan yang lebih baik. 

Walau susah diawalnya, semakin lama Anda akan terlatih bila kemauan serta kemauan dalam diri kuat. Cintai badan Anda dengan berhenti minum alkohol mulai saat ini. 

Mulai saat ini, yuk coba batasi beberapa makanan pemicu kanker payudara dalam menu harian Anda!

Posting Komentar

0 Komentar