Mungkin Karena Ini Anak Anda Menangis di Malam Hari


Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan bayi menangis pada malam hari. Silahkan ketahui sebabnya, supaya Bunda tidak merasakan depresi serta bingung dalam melawannya. 

Menangis adalah hanya satu langkah yang dapat dikerjakan oleh bayi untuk mengutarakan apa yang diharapkan atau dirasakannya. Dalam satu hari, bayi paling tidak bisa menangis setiap 1-3 jam sekali, atau serta lebih dari itu. 

Bayi dapat menangis setiap saat, baik siang hari atau malam hari saat sedang tidur. Bila bayi menangis pada malam hari, bisa saja sebabnya ialah beberapa keadaan di bawah ini: 

1. Kolik 

Satu diantara pemicu bayi menangis pada malam hari ialah kolik. Kolik pada bayi akan diikuti dengan tangisan keras dengan waktu yang panjang, serta dapat lebih dari tiga jam pada sebuah hari. 

Keadaan ini dapat berlangsung waktu bayi berumur seputar 3 minggu serta semakin seringkali waktu usianya mencapai 4 serta 6 minggu. Intensif tangisan kolik bisa menyusut sesudah bayi berumur 6 minggu, serta betul-betul hilang waktu ia sampai umur 12 minggu. 

Tangisan kolik sering dihubungkan dengan masalah pencernaan. Tetapi, tangisan ini dapat juga jadi langkah bayi untuk mengutarakan emosinya atau jadi sinyal jika dia sedang peka pada rangsangan tersendiri. 

Tangisan kolik yang berlangsung pada malam hari kemungkinan membuat Bunda bingung serta cemas. Untuk menanganinya, coba gendong Si Kecil sampai dia merasakan tenang, atau baringkan Si Kecil di pangkuan Bunda serta usap punggungnya dengan lembut. Ini akan membuat Si Kecil merasakan bertambah nyaman serta kurangi tangisannya. 

2. Lapar 

Bayi menangis pada malam hari dapat dikarenakan oleh rasa lapar. Tidak hanya menangis, sinyal bayi lapar yang lain ialah timbulnya pergerakan masukkan tangan ke mulut atau pergerakan menyedot bibirnya. Bila Si Kecil lakukan hal itu, selekasnya beri dia susu. 

Supaya tidak menangis pada malam hari sebab kelaparan, coba tulis rutinitas waktu menyusu Si Kecil, khususnya pada malam hari. Pasang alarm untuk memberinya susu di saat-saat itu, sebelum dia menangis atau rewel sebab menganggap lapar. 

3. Popok basah 

Tidak hanya kelaparan, popok basah atau penuh pada malam hari dapat membuat bayi tidak nyaman serta mengakibatkan dia menangis. Supaya ini tidak mengganggu tidur Si Kecil, Bunda dianjurkan untuk memeriksa popoknya sebelum tidur. Bila telah basah, selekasnya ubah dengan yang baru supaya dia tidak terusik waktu tidur serta menangis sebab popoknya basah. 

4. Kecapekan 

Periode menangis pada malam ini hari dapat jadi sisi proses dari tumbuh kembang yang normal. Faktanya, waktu keluar dari rahim, bayi mulai lihat serta dengar beberapa hal baru yang dapat membuat otaknya repot kerja. Jadi, mungkin bayi rewel serta menangis pada malam hari, sebab menganggap capek dengan “pelajaran-pelajaran” barunya. 

5. Kesepian 

Jadi hanya satu orang yang terbangun pada malam hari mungkin membuat Si Kecil merasakan kesepian serta pada akhirnya menangis sebab perlu perhatian dari Bunda. Bila dikarenakan oleh ini, umumnya tangisan Si Kecil akan berhenti saat lihat muka, dengar suara, atau saat disentuh oleh Bunda. 

6. Ingin bergerak 

Sesudah sepanjang hari mengatur Si Kecil, Bunda mungkin merasakan capek untuk menggendongnya pada malam hari. Nah, berbaring kelamaan dalam tempat tidur bisa membuat Si Kecil jemu serta pada akhirnya menangis untuk mengemukakan emosinya. Jadi, coba gendong Si Kecil supaya tangisnya surut. 

Banyak hal yang diuraikan di atas mungkin dapat jadi pemicu bayi menangis pada malam hari. Tetapi, Bunda butuh memerhatikan serta waspada sinyal tangisan bayi yang mengisyaratkan terdapatnya masalah kesehatan. 

Bila dikarenakan oleh masalah kesehatan, tangisan bayi umumnya akan dibarengi tanda-tanda lain, seperti demam, diare, muntah, lesu, ataukah tidak nafsu makan. Diluar itu, Bunda harus juga siaga bila tangisannya benar-benar melengking, sebab ini dapat mengisyaratkan Si Kecil sedang rasakan ngilu. 

Bila temukan pertanda di atas, cepatlah kontrol Si Kecil ke dokter, hingga dapat didapati sebabnya serta diberi perlakuan yang pas.

Posting Komentar

0 Komentar