Wisata Kuliner ke Jepang, Jangan Lupakan Aturan Berikut


Makan bukan sekedar mengenai rasa dan juga tata langkah serta budaya. Oleh karenanya tata langkah makan pada tiap wilayah atau negara berlainan. Di Indonesia contohnya, sejumlah besar orang makan memakai sendok walau ada beberapa yang lain memakai tangan, tapi di Jepang sumpit jadi alat makan penting. Nah, sebab tiap negara berlainan, yuk baca hal apa yang perlu dilihat dalam budaya makan di Jepang. 

1. Sebelum makan umumnya orang Jepang ucapkan "Itadakimasu!" 
Orang Jepang mengawali makan dengan ucapkan itadakimasu, dengan harfiah ini adalah perkataan terima kasih pada makanan serta terima kasih untuk kebanyakan orang yang sudah berperan hingga makanan bisa tersaji secara baik. Sesudah makan umumnya mereka ucapkan gochisou-sama deshita, yang bermakna terima kasih atas makanannya. 

2. Tertarik pada makanan yang diberikan 
Makanan adalah karunia, untuk menghormati makanan bisa dikerjakan dengan mencicip, tidak harus banyak, paling tidak coba mengkonsumsinya. Ini tidak saja memberi penghormatan pada makanan dan juga pada satu orang yang memasak. 

3. Kerjakan slurp atau bunyi waktu menyeruput mi ramen 
Buat negara lain kadang menyeruput mi berkuah ialah kurang sopan, sebab akan memunculkan bunyi slurp, tapi buat orang Jepang slurp adalah sinyal kesenangan serta tentunya satu orang yang memasak ikut suka bila masakannya dihargai dengan bunyi slurp. Umumnya bunyi slurp seringkali tergengar saat sedang makan ramen, soba atau udon. 

4. Lihat tempat duduk 
Apa tujuannya ya? Nah, buat orang Jepang hirarki ialah penting, bila di rumah ada meja makan karena itu umumnya orangtua atau satu orang yang lebih tua duduk ditengah-tengah dan jadi orang yang pertama makan. Jadi jangan asal duduk ya bila kamu diundang makan di dalam rumah orang Jepang.

Posting Komentar

0 Komentar