Tips Untuk Pengguna Tiket Kereta Api Ekonomi Supaya Nyaman dan Aman di Perjalanan

Tips-Untuk-Pengguna-Tiket-Kereta-Api-Ekonomi-Supaya-Nyaman-dan-Aman-di-Perjalanan

Buat kamu yang sering bepergian menggunakan kereta api ekonomi, tentu sudah tahu bahwasanya kereta api ekonomi memiliki fasilitas yang tidak selengkap bisnis maupun eksekutif. Meskipun begitu, kereta api ekonomi tidak pernah sepi oleh penumpang. Salah satu penyebabnya adalah tiket kereta api ekonomi yang terbilang paling murah diantara tiket kereta yang lain. 

Karena penumpang dan daya tampungnya banyak, tentu kondisi di dalam sangat ramai dan tidak jarang banyak pengalaman baik lucu, mengesalkan, menyenangkan, ataupun menyebalkan mengiringi perjalanan. Terlebih desain kursinya panjang dan berhadap hadapan yang memungkinkan komunikasi dan interaksi dengan penumpang lain. Berbagai peristiwa dan kegiatan banyak dikeluhkan oleh penumpang kereta ekonomi. 

Kendati demikian bukan berarti kamu akan merasa nestapa di sepanjang perjalanan. Ya, jika kamu menyiapkan perjalanan dengan baik dan memperhitungkan segala kemungkinan yang akan dijumpai di alat transportasi publik seperti kereta api ini setidaknya akan meminimalisir keluhanmu. 

Agar Nyaman dan Aman di Perjalanan 

Nah, supaya perjalananmu menyenangkan dan terhindarkan dari berbagai macam kejadian tidak mengenakan selama perjalanan, kamu dapat mencoba beberapa tips ketika menggunakan kereta api ekonomi sebagai berikut : 

1. Booking Tiket Secara Online 

Di zaman sekarang tentu sangat banyak jasa penyedia tiket online. Kamu bisa menggunakan salah satu diantaranya. Khususnya bagi kereta ekonomi. Pengguna kereta ekonomi sangat banyak di kalangan masyarakat sehingga tidak heran jika tiket yang dijual cepat habis. Dengan menggunakan jasa tiket online kamu dapat dengan cepat booking tiket. Selain itu, kamu akan terhindar dari antrian panjang ketika mengantri di loket. 

2. Membawa bantal dan headset 

Buat kamu khususnya yang melakukan perjalanan jauh, kamu harus membawa bantal untuk mengurangi pegal khususnya leher. Hal ini karena bentuk tempat duduk ekonomi berbentuk memanjang dan tegak yang rawan menyebabkan pegal. Dengan bantal paling tidak akan membuatmu merasa jauh lebih nyaman. 

Khusus untuk kamu yang tidak bisa beristirahat dengan suara yang bising, jangan lupa untuk membawa headset. Kamu bisa mendengarkan lagu dengan suara yang menenangkan. Dengan headset biasanya kamu juga mudah untuk tertidur. 

3. Persiapkan diri 

Sebelum memulai perjalanan, ketika memilih tiket kereta api ekonomi, kamu harus menyiapkan diri dengan menyadari bahwa kamu akan bertemu dengan banyak orang. Banyak orang disini tentu saja dengan berbagai karakter, latar belakang, perilaku, kebiasaan dan lain-lain. Kamu harus siap jika ada perilaku yang tidak sesuai dengan kebiasaanmu atau bahkan cenderung mengganggu. 

4. Berani untuk Menegur dan Menyatakan Alasan 

Karena banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda maka perilakunya pun pasti berbeda. Maka seringkali beberapa penumpang mengeluhkan gangguan atau merasa tidak nyaman karena perilaku orang lain tersebut mulai dari sampah, suara, perilaku yang tidak pantas dan lain-lain. Beranilah untuk menegur dan mengutarakan alasan kepada pihak yang mengganggu kenyamanan. 

5. Letakan Barang Berharga di Tas yang aman 

Jangan lupa untuk selalu meletakan barang berharga kamu di tempat yang aman. Pasalnya di kereta ekonomi sering ramai oleh banyak orang. Maka tidak ada salahnya kita untuk berjaga-jaga atas setiap kemungkinan. 

Bepergian menggunakan alat transportasi umum memang tidak selalu terasa nyaman. Begitu pula ketika bepergian dengan mengandalkan kereta api, di sana kamu akan bertemu dengan penumpang lainnya yang mungkin saja membuat kamu kurang merasa nyaman. Namun dengan melakukan persiapan yang baik akan membantumu mendapatkan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Posting Komentar

0 Komentar