Menjaga Kolesterol Selalu Normal Tidaklah Sesulit yang Dibayangkan


Saat disuruh untuk jaga kandungan cholesterol normal oleh dokter, Anda mungkin telah pusing duluan. Anda takut tidak dapat makan enak , banyak pantangannya, serta harus minum beberapa macam obat atau suplemen. Walau sebenarnya, ada langkah-langkah simpel yang bisa menolong Anda menjaga nilai cholesterol masih normal. 

Langkah gampang jaga cholesterol normal 

Kandungan cholesterol yang tidak termonitor ialah penyebab penting penyakit jantung serta peredaran darah.Karenanya, penting buat Anda untuk memonitor serta jaga cholesterol normal. Tanpa ada butuh habiskan banyaknya waktu serta ongkos, berikut cara-cara yang bisa Anda kerjakan untuk menjaga kandungan normal cholesterol dalam darah: 

1. Minum obat sesuai dengan pendapat dokter 

Jangan pusing sendiri harus pilih obat atau suplemen herbal yang dapat turunkan cholesterol. Langkah termudah untuk pastikan obat apa yang paling pas buat Anda serta apa butuh minum suplemen herbal yakni dengan langsung konsultasi ke dokter. 

Obat serta pendapat yang diberi oleh dokter telah teruji klinis serta sesuai dengan keadaan Anda. Dengan demikian, Anda tak perlu ribet mencoba-coba obat atau suplemen yang belum dapat dibuktikan khasiatnya. 

Minumlah obat cholesterol sesuai dengan pendapat serta dosis yang diberi. Jangan hentikan pemakaian obat tanpa ada konsultasi terlebih dulu. Jika ada suatu yang belum Anda mengerti tentang obat cholesterol, jangan sangsi untuk menanyakan pada dokter. 

2. Kurangi makanan tinggi lemak trans 

Lemak trans tingkatkan cholesterol jahat sekaligus juga turunkan cholesterol baik dalam darah. Mengakibatkan, cholesterol menumpuk pada pembuluh darah serta membuat plak. Saluran darah ke arah jantung juga terhalang hingga Anda beresiko terserang penyakit jantung, stroke, sampai tidak berhasil jantung. 

Untuk jaga cholesterol masih normal, Anda butuh kurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak trans misalnya: 
  • Gorengan 
  • Junk food 
  • Kue-kue manis, es cream, serta cemilan paket 
  • Mentega 

Tetapi, jangan begitu bikin pusing makanan apa yang perlu dipantang serta dikurangi. Lebih baik konsentrasi pada pilihan makanan sehat yang dapat Anda santap. Contohnya buah-buahan, kacang rebus, atau yogurt. 

3. Olahraga teratur untuk jaga berat tubuh 

Jangan langsung depresi saat dokter merekomendasikan Anda turunkan berat tubuh. Anda tak perlu diet mati-matian sampai meredam lapar sepanjang hari, kok. Mulai saja dahulu dengan berolahraga teratur. 

Olahraga teratur bukan sekedar jadikan badan makin bugar, dan juga jaga cholesterol masih normal. Jadi awalan, coba olahraga aerobik seperti jogging atau bersepeda minimum sepanjang 30 menit. Kerjakan sekitar 5 kali dalam satu minggu. 

Anda dapat juga coba beberapa kegiatan fisik tiap ada peluang. Contohnya, berjalan kaki waktu jam makan siang, bersepeda ke beberapa tempat yang seringkali didatangi, atau ikut juga dalam pekerjaan olahraga bersama dengan rekan. 

4. Rencanakan medical check-up dengan dokter 

Lewat medical check-up, Anda bisa jalani kontrol cholesterol untuk jaga nilainya masih normal. Diluar itu, medical check-up penting juga buat orang dengan kandungan cholesterol tinggi untuk memonitor terdapatnya efek penyakit jantung, stroke, aterosklerosis, diabetes, serta penyakit akut yang lain yang terkait dengan keadaan pembuluh darah. 

Sebegitu seringkali Anda butuh lakukan medical check-up akan berlainan pada tiap orang, bergantung keadaan semasing. Karena itu, semestinya tanyakanlah pada dokter kapan Anda harus balik lagi untuk check. 

5. Mengonsumsi minuman memiliki kandungan susu yang diperkaya inulin serta beta-glukan 

Inulin ialah type serat yang terdapat banyak pada sayuran serta bahan nabati, sedang beta-glukan bisa diketemukan dalam biji-bijian seperti gandum. Ke-2 serat pangan ini diketahui bisa menolong turunkan cholesterol serta jaga kadarnya masih normal. 

Tidak hanya berbahan alami, Anda dapat juga mendapatkan konsumsi inulin serta beta-glukan lewat mengonsumsi minuman memiliki kandungan susu yang diperkaya ke-2 kandungan ini. Mengonsumsi dengan teratur akan turunkan cholesterol LDL hingga plak cholesterol tidak tercipta pada pembuluh darah. 

Jaga cholesterol masih normal dapat diawali dari beberapa langkah yang simpel. Kuncinya ialah perbaikan pola hidup, skema makan sehat, serta pengamatan cholesterol dengan teratur. Melengkapi dengan mengonsumsi produk yang diperkaya nutrisi berguna supaya hasilnya makin maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar