Mencari Wisata Halal, Anda Bisa Coba Pergi ke Bangkok


Bangkok jadi ibu kota Thailand sampai kini tetap jadi satu diantara tujuan favorite di Asia Tenggara. Tidak hanya punyai banyak spot wisata yang kece, wisata kulinernya tidak kalah mengundang selera. 

Sayangnya, buat kamu traveler muslim, ada kebimbangan saat ingin berekreasi kuliner disana. Karena, Thailand memanglah bukan negara sebagian besar muslim. Tetapi tenang, Negeri Gajah Putih itu telah mengambil kebijaksanaan wisata yang ramah muslim. 

Nah, untuk kamu yang masih ingin berekreasi halal di Thailand, tersebut deretan panduan yang dapat kamu kerjakan. 

1. Mencari sarapan halal 

Jika sedang ada di Bangkok, coba main ke lokasi Khao San Road. Banyak makanan ciri khas Thailand yang dapat kamu dapatkan disana waktu pagi hari. Jika sangsi dengan menu daging-dagingan, kamu dapat coba makanan yang sama dengan buah-buahan. Diantaranya ialah mango sticky rice. 

Mango sticky rice memang sering jadi menu sarapan masyarakat lokal. Rasa-rasanya manis seperti ketan, tetapi bulirannya semakin besar. Mangga yang diberikan juga umumnya memiliki ukuran besar. Sisi permukaannya diberi cream kelapa, hingga berasa gurih. 

Buah yang memiliki serat ditambah nasi dengan karbohidrat tinggi ditanggung akan membuat perutmu kenyang saat itu juga. Harga satu porsi mango sticky rice seputar 90 baht atau seputar Rp39 ribu. Sebab umumnya porsinya besar serta mengenyangkan, kamu dapat nikmati makanan ini untuk dua orang, terkecuali jika kamu betul-betul kelaparan. Hehehe... 

2. Cari masjid atau tempat salat 

Cari tempat beribadah di kota dengan minoritas muslim memanglah bukan masalah mudah. Tetapi ini tidak berlaku saat kamu bertandang ke Thailand. Masalahnya Negeri Gajah Putih ini telah punyai seputar 3.000 masjid yang menyebar di beberapa daerah. 

Dari beberapa ribu masjid itu, ada banyak masjid yang usianya beberapa ratus tahun, hingga menarik sekali untuk didatangi. Bangkok sendiri punyai banyak masjid besar yang dapat kamu datangi. 

Contohnya seperti Masjid Islamic Center di Thanon Ramkhamhaeng Soi 2 Ruang Suan Luang, Masjid Darul Aman di dekat stasiun BTS Ratchathewi, Masjid Ban Oou di dekat stasiun BTS Saphan Taksin, atau Masjid Jawa di lokasi Sathorn. 

3. Pilih hotel yang muslim friendly 

Kota Bangkok punyai hotel-hotel yang telah muslim friendly atau ramah buat traveler muslim. Hotel-hotel ini umumnya jamin menu-menunya halal, sebab telah disertifikasi The Central Islamic Commitee of Thailand. Contohnya dengan tidak menyiapkan minuman mengandung alkohol, dan menyiapkan sarana melaksanakan ibadah buat traveler muslim. 

Satu diantara yang mungkin saja rekomendasimu diantaranya Hotel Al Meroz, Hotel BelAire, Hotel Nouvo City, atau Baiyoke Sky Hotel. 

4. Memburu makanan tradisionil atau street food? Coba pilih pedagang yang gunakan jilbab 

Walau Thailand sebagian besar beragama Buddha, tetapi kamu masih dapat temukan beberapa orang Melayu muslim yang tinggal di sini serta melakukan bisnis kuliner. Jika kamu sungkan menanyakan apa street food itu halal, mencari saja pedagang yang kenakan jilbab. 

Juga bisa cari penjual lelaki yang kenakan peci. Umumnya, beberapa pedagang muslim memang memakai atribut, seperti jilbab atau peci, agar jadi pembeda dari yang lain. 

5. Jika masih sangsi, gunakan layanan pemandu wisata muslim 

Jika kamu masih sangsi untuk cari tempat makan atau hotel yang aman atau halal, kamu dapat menyewa layanan pemandu wisata muslim yang berada di Thailand. Pemandu wisata itu umumnya fasih berbahasa Indonesia dengan logat Melayu. 

Kehadiran pemandu wisata dari pemerintah ini memang memberi kenyamanan buat traveler muslim. Karena, mereka mempunyai pandangan yang cukup tentang tempat restoran halal, hotel halal, serta sampai tempat masjid. 

Jadi, kapan ingin traveling ke Thailand nih?

Posting Komentar

0 Komentar