Begini Cara Mudah Menjaga Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari


Satu diantara langkah paling baik untuk penuhi keperluan cairan badan dengan minum air sekitar 8 gelas dalam satu hari. Tetapi, kenyataannya tidak dikit orang yang masih kesusahan untuk mengaplikasikan rutinitas ini. 

Walau sebenarnya, kekurangan cairan membuat Anda rawan alami dehidrasi. Dehidrasi bisa memunculkan beberapa permasalahan kesehatan, seperti sakit kepala, lesu, sampai terusiknya beberapa peranan badan. 

Langkah gampang penuhi keperluan cairan badan 

Penuhi keperluan cairan badan memang mungkin saja mempunyai rintangan tertentu. Nah, bila Anda ingin tingkatkan konsumsi cairan, berikut langkah-langkah simpel yang bisa dikerjakan: 

1. Bawa serta botol minum waktu melancong 

Bawa botol minum akan membuat Anda terlatih minum air putih. Ada beberapa type botol minum yang ada. Dari mulai botol biasa, sampai yang diperlengkapi dengan sedotan serta penyaring spesial untuk Anda yang suka pada infused water. 

Supaya manfaatnya makin maksimal, bawa botol minum setiap saat Anda ada di luar rumah. Baik waktu kerja di kantor, bergabung dengan rekan serta kerabat, atau saat lakukan pekerjaan lain sebagai kegiatan rutin. 

2. Minum air sebelum haus serta waktu merasakan lapar 

Waktu merasakan haus, badan Anda sebetulnya sudah alami dehidrasi mudah. Jadi, minum sebelum Anda merasakan haus adalah langkah yang termasuk efisien untuk penuhi keperluan cairan badan, sekaligus juga menahan dehidrasi makin bertambah kronis. 

Tanda-tanda dehidrasi kadang dapat juga ada jadi rasa lapar. Beberapa orang pada akhirnya tertipu serta konsumsi cemilan untuk mengganjal perut. Walau sebenarnya, badan Anda sebetulnya cuma memerlukan konsumsi cairan. 

3. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak air 

Sumber konsumsi cairan tidak selalu harus datang dari air atau minuman. Anda dapat juga penuhi keperluan cairan badan dengan konsumsi beberapa type makanan kaya kandungan air. 

Contoh bahan makanan itu diantaranya: 

  • Buah-buahan, seperti semangka, strobery, melon, serta jeruk 
  • Sayuran, seperti mentimun, tomat, mentimun Jepang, selada, serta seledri 
  • Susu skim serta yogurt 
  • Sup, kuah, serta kaldu 

4. Memberikan tambahan potongan buah ke air putih 

Ada beberapa orang yang tidak suka pada air putih sebab rasa-rasanya tawar serta membuat perut berasa kembung. Nah, langkah berikut sesuai dengan untuk Anda yang ingin penuhi keperluan cairan badan tetapi tidak demikian suka pada air putih. 

Coba masukkan potongan lemon, strobery, jeruk, mint, atau gabungan beberapa bahan itu ke air putih. Diamkan sepanjang beberapa saat di almari es, serta air putih yang semula tawar akan berasa lebih nikmat serta beri kesegaran. 

5. Sesuaikan suhu air 

Sebagian orang pun tidak senang minum air sebab suhunya tidak cocok. Jika Anda lebih suka pada air hangat, Anda bisa memulai hari dengan satu gelas air hangat yang ditambah lagi perasan air lemon. 

Bila Anda merasakan lebih gampang minum air bersuhu dingin, coba mempersiapkan beberapa botol air minum di almari es untuk diminum setelah itu. Kerjakan kedua-duanya dengan berganti-gantian sampai Anda temukan langkah yang paling pas buat diri Anda. 

Penuhi keperluan cairan badan ialah langkah awal untuk mengawali pola hidup yang lebih sehat. Tidak hanya terlepas dari dehidrasi, Anda dapat kurangi efek penyakit. 

Awalannya memang berasa susah, tetapi proses penyesuaian ini dapat makin bertambah gampang jika dikerjakan tiap hari. Kerjakan beberapa langkah itu dengan berkelanjutan sampai menjadi satu rutinitas teratur.

Posting Komentar

0 Komentar